Jumat, 15 September 2017
Perjalanan Menuju Diklat dari Sampang ke BPMTV Kuangsan Sidoarjo
Hari ini, berbekal ijin dari kepala sekolah, dan undangan dari Pustekkom, saya berangkat menuju Diklat Pengembangan Media Pembelajaran yang bertempat di BPMTV Kuangsan di Sidoarjo, tepatnya jl. Mangkurejo, Sidoarjo.
Mulanya saya berencana akan ikut bus jurusan Bungurasih, tapi setelah ditunggu 20 menit gak mincul juga, saya mulai gelisah, karena kalau sudah terlalu siang, maka saya akan terjebak macet karena ada perbaikan jembatan di Blega. Akhirnya saat ada bus mini yang menawari langsung ke Surabaya, saya langsung naik sehingga saat melewati Blega, Alhamdulillah tidak terlalu macet. Sampai di Surabaya, ternyata bus mini hanya bisa mengantar sampai Kedinding, saya terpaksa ikut lyn biru menuju ke Perak dan melanjutkan perjalanan menumpang bus damri ke terminal Bungurasih. Sampai di Bungurasih, saya masih harus melanjutkan perjalanan dengan Gojek menuju BPMTV Kuangsan.
Sabtu, 26 Agustus 2017
Program PKB berdasarkan UKG dan Nilai UN, USBN dan US/M
Penguatan narasumber PKB di Bali tanggal 22-25 Agustus 2017 memberikan perspektif baru berkaitan dengan pelaksanaan PKB. Penentuan modul PKB yang akan dilaksanakan di sebuah kabupaten nantinya akan ditentukan berdasarkan hasil UKG guru dan nilai UN siswa di kabupaten tersebut.
Jadi sebelum ketua komunitas menentukan modul yang akan dipelajari, mereka harus menganalisis hasil UN di kabupaten tersebut dipadukan dengan modul yang direkomendasikan oleh P4TK sehingga diketahui modul dan materi pelatihan yang diperlukan oleh guru-guru di daerah tersebut. Karena hanya 2 modul yang masuk dalam program PKB dalam satu tahun, maka materi lain yang berkaitan dengan kemampuan pedagogi dan profesional guru yang memang diperlukan oleh guru berdasarkan hasil analisis tersebut dilakukan secara mandiri melalui kelompok kerja guru.
Untuk membantu analisis UN, berikut link yang memuat aplikasi Pamer 2017 versi uji coba.
Untuk download aplikasi Pamer 2017 silahkan klik disini Pamer 2017
Sabtu, 19 Agustus 2017
Menjadi Guru Kreatif melalui Diklat Online
💐Bagaimana Menjadi Guru Kreatif, Menjadi Penulis Buku, dan Pandai Mendongeng dalam 30 Hari ?
🤝Sekarang Anda bisa bergabung bersama kami !
disinilah tempatnya buat Anda untuk mendapatkan semuanya
😃Akhirnya Diklat Online Guru Kreatif Abad 21 untuk angkatan Ke-18 dibuka !
😊inilah jawaban dari do’a para guru selama ini yang sibuk ngajar dan sibuk kerja namun mau terus belajar dan menimba ilmu.......
🖋Sekarang telah dibuka DIKLAT ONLINE GURU KREATIF ABAD 21 angkatan ke- 18 ( 24 Agustus s.d 24 September 2017)
Dengan jadwal Diklat sebagai berikut :
--> Hari Senin dengan tema Penelitian Tindakan Kelas bersama Ibu Witra Ria Rahmi, S.Pd (Coach PTK GGDN)
--> Hari Selasa dengan tema Android Untuk Pembelajaran bersama Bapak Tata Subrata, S.Pd (Coach Animasi Pembelajaran GGDN)
--> Hari Rabu dengan tema Praktek Mendongeng bersama Kak Jendro, S,Pd (Pendongeng Nasional)
--> Hari Kamis dengan tema 30 hari Menulis bersama Ibu Nurus Samawati Annisa, S.Pd (Coach Menulis GGDN)
--> Hari Sabtu dengan tema Teacher Trainer Bersama Bapak Sambadar, Cht,S.Pd (Guru sekaligus Trainer Quality Life Manajemen)
7 Alasan mengapa Anda harus ikut Diklat Online ini !
1. Diklat ini dilakukan secara online, Anda bisa mengikutinya dimanapun Anda berada tanpa harus mengeluarkan biaya tranportasi dan penginapan
2. Materi sangat cocok dengan kebutuhan mengajar guru
3. Investasinya jauh lebih terjangkau daripada ikut pelatihan tatap muka
4. Ilmu yang dibahas sangat Aplikatif
5. Narasumber adalah mereka yang sangat kompeten dan berpengalaman dibidangnya
6. dijamin Anda bisa menulis Buku dalam 30 hari
7. Sudah terbukti Menghasilkan Karya berupa Buku, Animasi Pembelajaran dll
🔍Normal Rp. 3.500.000
Bagi Anda yang daftar hari ini hanya 275rb saja
🎉Spesial !
Dapatkan Ebook dan E-materi Gratis buat Anda
Diantaranya :
1. E-book Rahasia Guru dahsyat senilai Rp.50.000
2. E-book Motivasi Cara Nabi senilai Rp.50.000
3. E-book 7 Rahasia Guru Dahsyat senilai Rp.50.000
4. E-book Hypnoteaching For Trainer senilai Rp.50.000
5. Materi Hypnotahfidz senilai Rp.50.000
6. Materi Mentor Teacher Trainer senilai Rp. 50.000
7. E-book materi pelatihan bulan Mei senilai Rp.75.000
8. E-book materi pelatihan bulan juni senilai Rp.75.000
9. Materi seminar Kurikulum Langit senilai Rp.50.000
10. Materi seminar I'm not best but I'm limited edition senilai Rp.50.000
11. E-Book pelatihan Guru Kreatif bulan Agustus Rp. 75.000
12. Materi Mendidik Cara Nabi senilai Rp. 75.000
13. Materi Display Kelas Senilai Rp. 75.000
14 . Materi Teacher Preneur Senilai Rp. 75.000
15. Materi Menulis Buku Populer Senilai Rp.75.000
16. Materi Publick Speaking Senilai Rp.75.000
17. Materi Motivasi & Inspirasi Pendidikan Senilai Rp.75.000
18. Ebook 9 Jurus Guru Bebas Finansial senilai Rp. 50.000
19. Ebook Guru 5 Dimensi Senilai Rp. 275.000
20. Materi Penelitian Tindakan Kelas Rp. 275.000
21. Ebook Guru Abad ke-21 senilai Rp. 275.000
22. Ebook Kami Guru senilai Rp. 275.000
23. Ebook 90 Menit Inspirasi Guru senilai Rp. 275.000
24. Ebook The Power Of Teach senilai Rp. 200.00
25. Materi Revisi Kurukulum 2013 senilai Rp. 275.000
26. Ebook Teacher Visioner senilai Rp. 275.000
27. Ebook Digital Teacher senilai Rp. 275.000
🎁Bonus Spesial buat Anda dapatkan Aplikasi VideoScribe & Aplikasi Pembelajaran lainnya
👍Ya hanya Rp. 275rb
Dengan total bonus senilai Rp. 3.500.000+
GRATIS tambahan 10 Ebook Marketing senilai RP. 2.000.000+ dan Audio Rahasia Guru Dahsyat senilai Rp. 1.000.000
🔖Selain itu Anda juga akan mendapat E-sertifikat dengan Total 40+ jam Diklat serta konsultasi gratis.
Pendaftaran mulai 23 Juli 2017
Diklatnya tanggal 24 Agustus s.d 24 September 2017
⏱Jadwalnya pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu
Pukul: 15.00-17.00 WIB
Tempat : Online Via Grup WhatsApp & Telegram
🏷Garansi 100% uang kembali jika Diklat ini tidak bermanfaat untuk Anda.
📲Tunggu apalagi buruan daftar sekarang juga
ketik” Daftar_ nama lengkap_tempat tugas_ alamat e-mail”
Lalu kirim ke WA di WA
081703676096
📌NB : Kuota terbatas hanya 1000 peserta saja dan pastikan bahwa Anda sudah dapat kuota pesertanya
sudah 10.000+
Senin, 07 Agustus 2017
Implementasi Jigsaw pada pembelajaran
Hari ini pelajaran kelas 9 sampai pada materi "Penyakit yang mengganggu organ ekskresi. Saya akan mencoba menggunakan metode Jigsaw karena penyakit yang dibahas meliputi penyakit yang mengganggu 4 organ ekskresi.
Tahap pertama :
Saya kelompokkan peserta didik menjadi 4 kelompok ahli. Siswa diminta menyebutkan angka 1-4 dan meminta mereka yang menyebutkan angka yang sama untuk berkumpul. 1 kelompok siswa terdiri dari 5 atau 6 orang karena jumlah kelas 9B ini 23 orang. Ternyata karena mereka berhitung secara urut, dan posisi tempat duduk, maka ada 2 kelompok yang beranggotakan laki-laki semua dan 2 kelompok yang beranggotakan perempuan semua sehingga ada siswa yang menyeletuk "tidak rata bu, pengelompokannya, tidak ada anggota perempuan di kelompok kami". Sebenarnya anak laki-laki berharap ada anggota perempuan supaya ada yang menuliskan hasil diskusinya. Tapi saya tekankan supaya semua anggota harus menuliskan hasil diskusinya karena nantinya kelompok mereka akan dirombak kembali sehingga nantinya kelompok akhir akan terdiri dari kelompok ahli penyakit pada ginjal, kulit, paru-paru dan hati. Saya membagi tugas kepada kelompok ahli sebagai berikut :
Kelompok 1 ==> membahas penyakit yang mengganggu Ginjal
Kelompok 2 ==> membahas penyakit yang mengganggu Kulit
Kelompok 3 ==> membahas penyakit yang mengganggu Hati
Kelompok 4 ==> membahas penyakit yang mengganggu Paru-paru
Saya meminta mereka berdiskusi dan membahas penyakit-penyakit yang menggangu pada masing-masing organ ekskresi yang berkaitan dengan gejala, penyebab dan cara mencegah atau mengobatinya. Hasil diskusi dituangkan ke dalam sebuah tabel sehingga memudahkan dalam mempelajarinya. Diskusi kelompok ahli berjalan lancar hanya terkendala dalam membuat tabel karena sebagian siswa tidak membawa penggaris. Setelah 1 jam pelajaran berlangsung, mereka masih memerlukan waktu untuk menulis hasil diskusinya karena ada kelompok yang belum selesai, sehingga saya memberikan tambahan waktu 10 menit.
Tahap kedua:
Saya meminta siswa untuk menyebut angka 1 sampai 6 untuk masing-masing kelompok sehingga akan terbentuk 6 kelompok yang beranggotakan para ahli dari kelompok asal tadi. Nah, saat ini seharusnya siswa saling menjelaskan kepada anggota kelompok tentang materi yang mereka pelajari di kelompok ahli sehingga semua anggota kelompok mengerti tentang penyakit yang menyerang semua organ ekskresi. Tetapi siswa ternyata hanya saling meminjam catatan, sehingga waktu yang diperlukan lebih lama. Saya sudah mengarahkan supaya salah seorang membacakan hasil diskusi dari kelompok ahli kemudian anggota kelompok yang lain mencatatnya, begitu seterusnya pada anggota yang lain secara bergantian.
Akhirnya sampai jam pelajaran selesai, belum ada 1 kelompok pun yang selesai. Saya meminta mereka melanjutkan diskusinya di rumah dan untuk pertemuan selanjutnya akan diadakan presentasi dari masing-masing kelompok.
Tahap ketiga:
Pada tatap muka selanjutnya, diadakan presentasi masing-masing kelompok. Mereka mempresentasikan hasil diskusi kelompok yang mereka lakukan. Kelompok 1 mempresentasikan hasil diskusi tentang penyakit yang menyerang ginjal. Kelompok 2 mempresentasikan hasil diskusi tentang penyakit yang menyerang kulit, kelompok 3 mempresentasikan tentang penyakit yang menyerang paru-paru, kelompok 4 mempresentasikan tentang penyakit yang menyerang hati.
Tahap keempat :
Saya memberikan kasimpulan dan penguatan berkaitan dengan penyakit yang menyerang sistem ekskresi. Terakhir giliran saya yang memberikan pertanyaan lisan kepada siswa untuk penilaian akhir.
Kamis, 15 Juni 2017
Pertanyaan seputar Program PKB
A. APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN?
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya untuk mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampu.
B. SIAPA YANG DAPAT MENGIKUTI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN?
Guru yang dapat mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah guru yang:
1. Profil hasil UKG-nya menunjukkan terdapat 3 (tiga) hingga 10 (sepuluh) kelompok kompetensi yang nilainya di bawah KCM (65). Jika guru tersebut belum melakukan UKG atau telah melakukan UKG namun dengan mata pelajaran/paket keahlian/jenjang yang tidak sesuai, maka guru tersebut diwajibkan untuk melakukan tes awal dengan menggunakan sistem UKG.
2. Terdaftar di dalam Komunitas GTK pada Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
3. Berada di wilayah yang tersedia akses/jaringan internet (khusus untuk peserta yang mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda daring dan daring kombinasi).
4. Bersedia melaksanakan pembelajaran dengan kemauan dan komitmen yang tinggi. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan mewajibkan peserta untuk menyelesaikan setidaknya 2 (dua) kelompok kompetensi yang nilainya paling rendah dalam satu tahun program berjalan dan atau 2 (dua) modul prioritas yang sudah ditentukan dengan moda yang ditentukan oleh penyelenggara Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada kurun waktu 1 (satu) tahun.
C. APA ITU SIM PKB?
SIM PKB adalah Sistem Informasi Manajemen yang digunakan pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. SIM PKB merupakan alat penghasil informasi untuk mengelola data dan sebagai pusat pengaturan layanan bagi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
D. APA ALAMAT WEBSITE SIM PKB?
Website: sim.gurupembelajar.id
E. APA YANG HARUS GURU LAKUKAN UNTUK MEMPEROLEH AKUN SIM PKB?
1. GURU YANG SUDAH MELAKUKAN UKG TAHUN 2015
Penerbitan akun guru yang sudah melakukan UKG tahun 2015 dapat dilakukan dengan melakukan Registrasi Akun di SIM PKB. Lakukanlah langkah-langkah berikut: a. Pilih menu Registrasi Akun b. Masukkan Nomor Peserta UKG 2015 dan Tanggal Lahir Anda c. Klik kotak kecil Saya bukan robot d. Klik Register 2. GURU YANG BELUM MELAKUKAN UKG Penerbitan akun guru yang belum melakukan UKG dapat dilakukan dengan melakukan langkah-langkah berikut: a. Pilih menu Registrasi Akun b. Pilih menu Cari No. UKG c. Pilih nama Provinsi, Kota/Kabupaten, dan masukkan Nama Anda d. Klik Cari GTK e. Cari Nama dan Instansi Anda, kemudian Catat No Peserta UKG Anda. f. Lakukan Registrasi Akun seperti langkah-langkah pada poin 1 bagian A. F. APA YANG HARUS GURU LAKUKAN JIKA LUPA PASSWORD AKUN SIM PKB? Jika Anda lupa password akun di SIM PKB, Anda dapat menghubungi pihak berikut untuk dilakukan RESET PASSWORD. 1. Ketua Komunitas 2. Operator Dinas Kabupaten/Kota/Provinsi 3. Admin UPT (P4TK/LP3TK) G. MENGAPA GURU HARUS MELAKUKAN VERIFIKASI DAN VALIDASI SEKOLAH INDUK DAN MAPEL DI SIM PKB? Semua guru diwajibkan untuk melakukan verifikasi dan validasi Sakolah Induk dan Mata Pelajaran di SIM PKB. Hal ini dilakukan untuk memastikkan tidak terjadinya ketidaksesuaian/salah jenjang/mapel pada saat melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan verifikasi dan validasi Sakolah Induk dan Mata Pelajaran di SIM PKB : 1. Guru login ke SIM PKB
2. Pada saat login, Anda akan langsung diminta untuk melakukan verval Sekolah Induk dan Mapel terlebih dahulu.
3. Jika Sekolah Induk dan Mapel TELAH SESUAI, maka Anda dapat langsung meng-klik SIMPAN.
4. Jika Sekolah Induk dan Mapel TIDAK SESUAI, maka Anda dapat melakukan pemutakhiran data seperti langkah-langkah yang dijelaskan pada poin 8.
H. BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PEMUTAKHIRAN/PERUBAHAN DATA SEKOLAH INDUK DAN MAPEL DI SIM PKB?
Jika Anda mendapati bahwa jenjang/mapel yang tercantum dalam SIM PKB tidak sesuai dengan bidang ajar yang harus Anda ajarkan di sekolah, maka Anda dapat melakukan pemutakhiran data di SIM PKB dengan melakukan langkah-langkah berikut:
1. PEMUTAKHIRAN PROFIL SATMINKAL GURU Prosedur untuk melakukan pemutakhiran Sekolah Satminkal guru dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
a. Klik ikon pensil pada kolom Sekolah induk/satminkal.
b. Pilihlah nama sekolah induk/satminkal sekarang. Untuk memudahkan dalam mencari satminkal, ketikkan nama sekolah di menu pencarian.
c. Klik SIMPAN.
2. PEMUTAKHIRAN PROFIL MATA PELAJARAN GURU
Prosedur untuk melakukan pemutakhiran Mata Pelajaran (Mapel) guru dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
a. Klik ikon pensil pada kolom Mata Pelajaran.
b. Pilihlah Mata Pelajaran yang menjadi bidang ajar sekarang.
c. Klik Pilih. d. Klik SIMPAN. Jika Anda melakukan perubahan data jenjang/mapel di SIM PKB, maka ketika Anda klik SIMPAN akan muncul kotak informasi seperti berikut. Klik tombol CETAK untuk mencetak SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA PTK.
Jika Anda melakukan perubahan jenjang/mapel, maka Anda:
a. WAJIB LAPOR ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi dengan menghubungi Operator Dinas SIM dan membawa serta SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA yang dicetak di SIM PKB.
b. Perubahan data yang Anda lakukan dinyatakan SELESAI jika Dinas Pendidikan telah menyetujui perubahan data yang Anda lakukan melalui SIM PKB, dan memberikan TANDA BUKTI PERSETUJUAN PERUBAHAN DATA.
Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pemutakhiran data sekolah induk/satminkal atau Mapel:
a. Jika Guru pindah sekolah keluar wilayah yang sebelumnya (berbeda kota/kab/provinsi), atau pindah sekolah ke jenjang yang berbeda, dan sudah terdaftar di sebuah Pokja di wilayah/jenjang lama, maka Guru tersebut diwajibkan untuk meminta kepada Ketua Pokja untuk dikeluarkan dari pokja tersebut.
b. Sistem akan mendeteksi apabila terjadi perubahan jenjang, dan sistem akan meminta guru tersebut untuk melakukan pemutakhiran Mapel.
I. SIAPA YANG WAJIB MELAKUKAN TES AWAL?
Tes Awal adalah ujian kompetensi yang dilakukan untuk memperoleh Profil Kompetensi Guru. Tes Awal WAJIB diikuti oleh guru yang :
1. Belum mengikuti UKG 2015
2. Melakukan pemutakhiran Jenjang & Mapel Catatan : Jika seorang guru yang sudah memiliki status Mentor/IN di SIM PKB melakukan perubahan jenjang/mapel dan melaksanakan Tes Awal, maka secara otomatis status Mentor/IN guru tersebut di SIM PKB akan ter-reset.
J. BAGAIMANA JIKA PENGAJUAN PERUBAHAN DATA YANG DILAKUKAN TIDAK DISETUJUI OLEH DINAS PENDIDIKAN?
Jika Dinas Pendidikan TIDAK menyetujui pengajuan perubahan data yang dilakukan, maka Saudara diminta untuk melakukan pembatalan ajuan dengan mengklik tombol Batal Ajuan pada box yang muncul di halaman beranda.
Sumber: Pertanyaan seputar PKB.pdf dari WA ketua MGMP IPA
Minggu, 04 Juni 2017
Aku bukan penulis
Aku bukan penulis, gak pernah bisa menulis. Saat aku mulai menulis, selalu saja ada halangan dan alasan. Gak ada waktu, takut menyinggung orang lain, takut kena undanh-undang ITE dan lain-lain. Jika aku ingin menumpahkan isi hatiku yang tidak bisa kusampaikan pada orang lain, aku tuliskan dalam diary-ku.
Tapi sekarang, ada keinginan yang menggebu dalam diriku untuk menulis setelah ikut satu kali pelatihan menulis yang diadakan Media Guru yang dikomandani pak Mohammad Ikhsan. beliau tidak henti-hentinya ngompori para guru untuk menulis.
Memang masih ada keterbatasan dalam diriku, tapi dengan membuat blog ini, setidaknya aku bisa membagi pengalaman mengajarku. Tapi berhubung aku masih tahap belajar menulis, mungkin masih banyak informasi di blog ini yang hanya copas saja. Tapi saya akan cantumkan sumbernya. Jadi mohon maaf jika ada yang merasa tulisannya dicopas, karena blog ini juga sebagai pengganti diary untuk menyimpan apa yang saya baca yang sekiranya bermanfaat dan boaa dibagikan kepada orang lain.
Harapanku, semoga blog ini akan menjadi awal bagiku untuk bisa menulis, amin.
Label:
media guru,
menulis,
pelatihan,
Penulis
Lokasi:
Amerika Serikat
Selasa, 30 Mei 2017
Modus baru penipuan, salah kirim kode sms
Berbagai modus penipuan lewat sms seakan telah banyak dihiraukan oleh masyarakat. Namun kali ini ada sebuah modus penipuan baru yang bisa dibilang 'mulus,' dan membuat korbannya seakan-akan tak merasa ini sebuah penipuan.
Bermula dari broadcast salah seorang korban yang banyak tersebar di grup WhatsApp maupun Facebook, kini ramai modus penipuan berupa pelaku meminta 'kode rahasia' yang diklaim salah kirim ke nomor korban.
Umumnya kode transaksi atau verifikasi yang merupakan hal privasi tak akan salah kirim. Namun justru itu modusnya, di mana pelaku akan menyebut bahwa nomornya mirip dengan nomor korban hingga pihak operator bisa salah.
Berikut cerita dari calon korban.
"tadi pagi pas lagi diskusi sama timku di kantor tiba2 ada telpon masuk. suara bapak2 namanya lupa siapa.
'ibu dah terima sms dari 99733 belum? kalo udah saya minta tolong ya smsnya diforward krn xl nya salah kirim ke nomor ibu.'
trus karena lagi jam kerja juga dengan cepatnya gw jawab
'saya belum terima smsnya nanti ya saya cek dulu.'
abis itu gw cek deh bener ga ada sms itu. ternyata bener ada sms itu isinya spt di bawah ini. langsung ada pemikiran. aneh di kepala gw kok kode rahasia bisa2nya xl salah kirim ....aneh banget sesuatu yang ga mgk buat perusahaan sebesar xl bs salah kirim mesej customernya. ga lama bapak tadi telpon lagi.
'bu udah diforward belum? saya tunggu kode verifikasi dr sms itu krn pulsa saya udah kepotong dan ibu pun tdk bs menggunakan kode itu juga kok. jadi tolong diforward ya bu.'
'bapak itu sms apa sih? kok aneh ya bs salah kirim ke saya padahal nomor bapak aja beda sama sekali dgn saya. nomor bapak kan 0859...... sedangkan nomor saya 0818...'
'nomor saya ada dua bu, nomor yg saya pakai ini memang yg 0859 tapi yg saya pakai di web utk isi pulsa itu yg 0818681XXX. nomor kita kembar banget bu cuma beda di angka 8 jadi xl nya salah input.'
'ya udah pak nanti saya kroscek dulu ya ke xl center. supaya sama2 enak'
'lah kan saya dikasih no hp ibu sama xl nya bu. mereka yg minta saya hubungi ibu langsung krn mereka g bs bantu kl salah kirim begini'
'berarti bapak yg salah input nomor bukan xl dong....mana mgk xl nya kasih nomor saya...harusnya mereka yg telpon saya bukan bapaj. jadi saya akan kirim smsnya ya tapi saya cek dulu ke xl'
'jadi ibu g bisa bantu saya? uang saya tetep kepotong kok bu. ibu g rugi apa2.'
Saya langsung telpon ke XL center dan ternyata benar kalau itu salah satu modus penipuan baru yang sedang marak belakangan ini. modusnya adalah penipu belanja game online atau barang lainnya kemudian dia masukkan nomor hp.scr acak utk pendebetan pembayarannya. kemudian situs akan kirimkan sms kode rahasia yang harus diisi ke nomor hp tersebut makanya penipu itu minta nomor kode tsb ke saya utk diverifikasi ke situsnya. Mba XL nya bilang saat ini ada 3 sms pengirim yang harus diwaspadai dengan modus serupa yaitu :
1. 99737
2. MyXL
3. codapay
jangan pernah mau forward sms kode rahasia dr nomor itu karena nanti pulsa kita yang akan digunakan utk membayar pembelian game si.penipu.
jika ada sms dr no telpon yang melakukan penipuan itu bs kita blokir nomor itu dengan cara kirim sms ke 588 dengan format
no hp penipu#isiaduan
ati2 ya ibu2 dan man teman ini kebetulan yang kena nomor XL saya tapi tdk menutup.kemungkinan nomor lain kena juga karena tgt si penipu masukin nomor apa di situs belanja onlinenya...
untung hari ini saya lagi baik g langsung saya semprot tuh penipu.....dan untungnya otak lagi on jadi ngga langsung forward aja tu sms.....
semoga tidak ada yang tertipu lagi ya karena menurut mba XLnya sebelum saya sudah ada 3 korban yang langsung forward sms itu ke.penipunya dan tagihan pulsa ditanggung korban"
Seperti cerita calon korban, korban sudah benar untuk mengkonfirmasi ke XL selaku pihak operator. Jika ini terjadi pada Anda, janganlah terburu mempercayai sms aneh atau telepon aneh. Mengabaikannya adalah cara terbaik.
Pasalnya, sebenarnya kejadian yang jadi modus tersebut hampir tak akan terjadi. Hal ini dikarenakan kode verifikasi dari sebuah transaksi akan dikirim ke nomor pelaku transaksi, tak mungkin ke orang lain. Hal ini pun dilakukan oleh sistem, bukan manusia yang mungkin akan ada aspek human error.
Jika Anda memberikan kode verifikasi tersebut, tagihan akan dibebankan kepada Anda, di mana pulsa Anda akan terpotong secara sia-sia.
Semoga bermanfaat dan lebih berhati-hati.
Sumber: Merdeka.com
Reporter Indra Cahaya
Langganan:
Postingan (Atom)